close

12 Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia (Pembahasan Lengkap)

12 Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia (Pembahasan Lengkap) – Kelainan pada metode saraf dapat disebabkan oleh beberapa aspek, diantaranya: alasannya adanya kerusakan pada metode saraf akhir adanya luka, bengkak mikroorganisme, kerusakan yang sifatnya genetis, penggunaan obat-obatan, benturan benda keras, adanya virus, kuman ataupun radang.

12 Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia (Pembahasan Lengkap)

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas dengan seksama dibawah ini.

Kelainan Pada Sistem Saraf

Adapun kelainan atau gangguan pada sistem saraf insan diantaranya:

1. Amnesia

Merupakan gangguan pada otak yang disebabkan oleh kecelakaan atau cidera yang mengakibatkan syok pada kepala (geger otak) sehingga penderita mengalami kebingungan dan kehilangan ingatan. Amnesia bersifat sementara atau permanen tergantung dari seberapa parahnya stress berat yang diderita oleh otak.

2. Epilepsi

Disebabkan oleh adanya gangguan penghantar impuls listrik pada sel-sel saraf, orang yang menderita penyakit tumor otak, syok pada kepala, penggunaan obat-obat bius, dan penderita cacat otak bawaan. Ciri-ciri orang yang terkena epilepsi yaitu mengalami kejang-kejang hingga mulutnya keluar busa. Epilepsi disebut juga dengan penyakit ayan. Penderitanya sering mengalami kejang-kejang yang secara tiba-tiba dan berulang-ulang tanpa argumentasi.

  √ Soal Biologi Kelas 11 Perihal Struktur Dan Fungsi Sel

3. Stroke

Merupakan penyakit yang terjadi alasannya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah didalam otak sehingga otak menjadi rusak. Penyumbatan ini disebabkan sebab adanya penyempitan pembuluh darah (arteriosklerosis), juga penyumbatan alasannya adalah sebuah emboli. Penderita stroke umumnya terlihat dari parasnya yang tidak simetris.

4. Sakit Kepala

Pada umumnya disebabkan alasannya adalah melebarnya pembuluh darah pada kawasan selaput otak. Pelebaran pembuluh darah ini umumnya ialah penyakit tersendiri tetapi ialah bagian dari timbulnya gejala penyakit yang lebih serius.

5. Neuritis

Merupakan kelainan pada metode saraf yang disebabkan alasannya adanya tekanan, pukulan, keracunan, patah tulang atau kelemahan vitamin B. Penyakit ini menimbulkan penderitanya sering mengalami kesemutan.

6. Parkinson

Merupakan kelainan yang disebabkan karena kelemahan neurotransmiter dopamine pada dasar ganglion. Penderita kelainan ini biasanya sering mengalami tangan gemetaran dikala sedang  beristirahat, sulit gerak, mata sukar untuk berkedip, dan otot terasa kaku sehingga kaki menjadi kaku ketika berlangsung atau bergerak.

7. Polio

Disebabkan alasannya bengkak virus polio pada sumsum tulang belakang. Pada umumnya virus ini menyerang belum dewasa. Virus polio ini mampu menyebabkan demam, kelumpuhan, sakit kepala yang berakhir pada hilangnya refleks, dan mengecilnya otot. Penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi polio. Jika penyakit ini sudah muncul maka tidak mampu diobati.

8. Transeksi

Merupakan kelainan pada sistem saraf utamanya pada medulla spinalis sebab jatuh atau tertembak. Akibatnya penderita akan mengalami hilangnya segala rasa atau mati rasa.

9. Hidrosefalus

Merupakan kelainan yang terjadi akibat gangguan anutan cairan di dalam otak atau penumpukan cairan didalam otak yang menyebabkan pembengkakan didalam otak. Gangguan ini menyebabkan cairan bertambah banyak yang kemudian akan menekan jaringan pada otak di sekitarnya terutama pada sentra-pusat saraf vital.

  Contoh Batuan Beku

10. Afasia

Merupakan kelainan pada fungsi bicara pada seseorang alasannya adalah adanya kelainan otak. Penderita ini dak memiliki kemampuan untuk berbicara dan mengerti bahasa ekspresi.

12 Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia

11. Ataksia

Merupakan kelainan yang terjadi disebabkan karena sel-sel saraf didalam otak kecil rusak atau mengalami degenerasi. Akibatnya penderita ataksia akan mengalami kesulitan dalam berbicara, menelan, menggerakkan mata dan kesulitan dalam melakukan berbagai gerakan.

12. Meningitis

Meningitis atau radang selaput otak terjadi alasannya nanah virus atau bakteri pada meninges (selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang). Penyakit ini bersifat ringan tetapi mampu berkembang menjadi lebih parah tergantung pada penyebabnya. Gejala meningitis yang mesti diwaspadai yaitu: demam, sakit kepala berlebih, leher terasa kaku dan adanya ruam-ruam pada kulit.

Itulah klarifikasi singkat tentang 12 Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia (Pembahasan Lengkap), supaya dapat menunjukkan manfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih 🙂

Baca juga: