close

10 Makna Hari Kebangkitan Nasional Bagi Pelajar Dan Generasi Muda

Sobat , Selamat Menyambut Hari Kebangkitan Nasional ya!

Setiap bertambah tahun, setiap itu pula kita memetik momentum Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei.

Tapi, pertanyaannya yakni; telah sejauh mana kita memaknai Hari Kebangkitan Nasional di kurun kini?

Tentu pemaknaan tersebut berbeda-beda dan berkembang sesuai dengan keadaan dan situasi di periode kini.

Nah, berikut 10+ Hal yang Harus Dilakukan Para Pelajar biar Indonesia Maju dan Demi Terwujudnya Integrasi Nasional

6. Berpikir Terbuka

Semakin bertambah hari, jumlah insan kian banyak. Semakin banyak jumlah insan, maka timbullah aliran yang bermacam-macam.

Dari pemikiran yang bermacam-macam itu sering muncul perbedaan usulan, dan tidak jarang dari perbedaan inilah antara satu pelajar dengan pelajar yang lain sibuk saling berdebat dan menjaga argumen, bahkan tak jarang hingga rela sikut-sikutan.

Apakah hal tersebut yaitu teladan Kebangkitan Nasional? Tentu tidak, itulah kemunduran.

Maka darinya, dalam memaknai Hari Kebangkitan Nasional, para pelajar perlu berpikir terbuka alias open minded seraya mendapatkan perbedaan usulan selaku kekayaan intelektual. Dengan cara itulah kita bisa semakin berkembang.

7. Terus Berkarya

Jika dulu Budi Utomo melahirkan karya berupa aliran dan visi, maka kita selaku pelajar pula perlu memaknai perjuangan mereka dengan cara terus berkarya.

Pelajar mesti punya karya. Dengan berkarya, kita mampu ikut mengharumkan negeri Indonesia di kancah dunia.

8. Jangan Pernah Melupakan Sejarah

Tujuan kita yaitu menggapai periode depan, tapi sekali pun masa depan itu penting, selaku generasi muda kita tentu dilarang melalaikan sejarah.

  Contoh Teks Pidato Ihwal Kenakalan Sampaumur, Singkat Dan Gampang Dihafal

Adapun diperingatinya Hari Kebangkitan Nasional mengajak kita untuk memaknai usaha para pahlawan di kurun kemudian.

Mereka dulunya bersusah-payah memperjuangkan fatwa, ide, sampai bertumpah darah demi bisa meraih kenyamanan dan kemerdekaan yang kita rasakan pada hari ini.

Dengan demikian, hal yang perlu dilaksanakan oleh generasi muda ialah dengan terus memperjuangkan cita-cita, tujuan bangsa dan negara dengan tidak melupakan sejarah.

Boleh Baca: Sejarah Singkat Hari Kebangkitan Nasional dan Budi Utomo

9. Menjadi Pribadi yang Berkarakter

Pada dasarnya sebuah negara akan jatuh bahkan tumbang bila para generasi muda di dalamnya yaitu pelajar-pelajar yang tidak berkarakter.

Bahkan, kemerosotan huruf yakni salah satu penyebab utama terjadinya kerusuhan, perpecahan, sampai langkah-langkah kriminal di negeri ini.

Karena kita ialah bangsa yang besar, sudah sebaiknya kita mempertahankan kebesaran ini dengan menguatkan aksara. Karakter bangsa Indonesia misalnya berani, lapang dada, dan suci sebagaimana Bendera Merah Putih.

Artinya, berjuang menjadi pribadi yang berkarakter yakni upaya krusial bagi kita dalam memaknai Hari Kebangkitan Nasional.

10. Menjadi Pelajar Tangguh dan Pantang Menyerah

Dalam memaknai Hari Kebangkitan Nasional, kita mampu menyelami dan meneladani perjuangan Soetomo dan kawan-mitra.

Walaupun dalam kondisi terdesak dan memiliki banyak kekurangan , mereka tetap tangguh dan pantang menyerah dalam memperjuangkan hak-hak bangsa pribumi.

Dan terbukti, dari sikap tangguh dan pantang menyerah itulah organisasi Budi Utomo kian berkembang dan visinya pun menjadi ajaran bagi organisasi-organisasi nasional lainnya dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Sebagai pelajar sekaligus generasi muda zaman kontemporer, sikap tangguh dan pantang menyerah wajib dimiliki oleh tiap-tiap orang, sebab dengan cara itulah kita mampu terus melangkah maju.

***

  Soal Pat Pai Kelas 2 Sd Semester 2 Terbaru Beserta Kunci Jawabannya

Demikianlah segenap hidangan ihwal makna dan manfaat Hari Kebangkitan Nasional utamanya bagi pelajar dan generasi muda di masa Merdeka Belajar.

Semoga berfaedah
Salam.

Lanjut Baca: Inilah 10 Manfaat Sumpah Pemuda bagi Pelajar dan Generasi Penerus Bangsa