close

10 Kompetensi Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausahawan

Menurut Dun dan Bradstreet Business Credit Service (1993:1), ada 10 kompetensi yang mesti dimiliki sorang wirausahawan, yakni mencakup hal-hal sebagai berikut :
1. Knowing your business , ialah harus mengetahui perjuangan apa yang mau dilaksanakan. Dengan kata lain seorang wirausahawan mesti mengetahui segala sesuatu yang ada keterkaitannya dengan usaha atau bisnis yang mau dijalankan. Misalnya, seseorang yang mau melakukan bisnis perhotelan harus memiliki pengetahuan perihal perhotelan, sedangkan orang yang ingin melakukan bisnis pemasaran komputer mesti memiliki wawasan wacana cara memasarkan komputer.
2. Knowing the basic business management , yakni mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, contohnya cara mendesain perjuangan, mengorganisasikan, dan mengontrol perusahaan, tergolong dapat memperhitungkann , memprediksi, mengadministrasikan, dan membukukan kegiatan-kegiatan usaha. Mengetahui administrasi bisnis berarti mengerti tips, cara, proses, dan pengelolaan semua sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien.
3. Having the proper attitude , ialah mempunyai sikap yang benar terhdapa usaha yang dilakukannya. Ia mesti bersikap sebagao pedagang, industriwan, pebisnis, eksekutif yang benar-benar.
4.  Having adequate capital , yaitu memiliki modal yang cukup. Modal tidak cuma berbentuk materi, namun juga tabiat. Kepercayaan dan kesabaran hati merupakan modal utama dalam perjuangan, oleh sebab itu , mesti terdapat kecukupan dalam hal waktu, tenaga, daerah, dan mental.
5.  Managing finances effectively , adalah memiliki kemampuan menertibkan/mengelola keuangan secara efektif dan efisien, mencari sumber dana, dan menggunakannya secara sempurna serta mengendalikannya secara akurat.
6. Managing time effiently , yaitu kesanggupan menertibkan waktu seefien mungkin. Mengatur, mengkalkulasikan, dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya.
7. Managing people , yakni kesanggupan menyiapkan, menertibkan, mengarahkan, menggerakkan (memotivasi), dan mengatur orang-orang dalam melakukan perusahaan.
8. Satisflying customer by providing high quality product  , ialah memberi kepuasan terhadap konsumen dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berfaedah, dan memuaskan.
9. Knowing how to compete, ialah mengenali seni manajemen/cara berkompetisi. Wirausaha harus mampu menganalisis SWOT dalam diri dan pesaingnya.
10. Copying with regulation and paperwork, yakni menciptakan hukum/pedoman yang jelas (tersurat, tidak tersirat).
Sumber Bacaan : ” Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses ( edisi 4 )” Oleh : Suryana . Penerbit Salemba Empat. halaman 86-87.