close

√ Kumpulan 25 Pepeling Sunda keur Kahirupan dari Peribahasa

wargamasyarakat.org, Pepeling Sunda keur kahirupan Salam Haneut! Bro, tau gak, pepeling itu artinya kata bijak atau nasehat ala bahasa Sunda. Bokap/nenek jaman dulu sering banget ngasih pepeling ke kita, entah langsung atau lewat kode-kode gitu (siloka).

Zaman dulu, masih jarang yang bisa nulis, jadi kata-kata bijak dari orang tua biasanya diwarisin lewat dongeng, sindiran, atau peribahasa kocak lainnya. Nah pepeling Sunda keur kahirupan tuh banyak banget, dari yang bikin merenung sampe yang bikin ketawa.

Inti nasehat bokap/nenek tujuannya supaya kita ingat buat berbuat yang bener dan gak ngaco. Ya tujuannya biar hidup kita mantep lah, gak cuma dunia tapi juga akhirat.

Ini ada beberapa kata bijak bahasa Sunda dari jaman dulu yang diambil dari peribahasa atau paribasa titinggal kolot baheula. Kata-kata bijak ini kan berisi siloka atau makna kiasan, gak bisa langsung diartikan dari kamus gitu aja.

25 Pepeling Sunda keur Kahirupan dr Peribahasa

1. Salila aya dina jalan bener mah ulah kuméok méméh dipacok. Lamun rumasa salah ulah éra ménta dihampura sabab sagala ogé hadé ku omong goréng ku omong.

Selama kita ngejalanin jalan yang bener, jangan gentar sebelum berusaha. Kalo kita ngerasa salah, jangan sungkan buat minta maaf ya. Karena semua kebaikan dan keburukan itu datengnya dari perkataan kita sendiri.

2. Lamun hayang boga ajén diri ulah sok adéan ku kuda beureum, leuwih hadé goréng nu sorangan tibatan alus anu batur.

Kalo kita pengen dihargai, jangan sombongin apa yang punya orang lain, mending punya yang jelek tapi punya sendiri daripada yang bagus tapi jadi milik orang lain.

3. Jig ka mana-mana ogé kudu mampu mawa diri, lamun gaul kudu bisa ngajaga tata titi duduga peryoga ambéh pada ngajénan.

Kalo mau pergi ke mana-mana, jangan lupa buat jaga diri ya. Kalo bergaul sama orang, pastiin kita bisa jaga tatakrama, etika, dan sopan santun.

4. Lamun jangji kudu sacangreud pageuh sagolék pangkék ulah lunca linci luncat mulang udar tina tali gadang. Munding dicekel tambangna, jalma dicekel caritaannana. Sakali bohong bakal hésé dipercaya deui.

Kalo janji, harus ditepatin sampai keujung-ujungnya, jangan suka ngecewain. Seperti kerbau yang dipegang talinya, manusia juga dipegang perkataannya. Kalo udah pernah bohong, susah buat dipercaya lagi deh.

  √ Ngaran Kekembangan atau Nama Bunga Tanaman Basa Sunda

5. Hirup kumbuh jeung batur kudu runtut raut sauyunan. Ulah pagiri-giri calik pagirang-girang tampian. Kudu mampu silih asah silih asih silih didik.

Kalo hidup bergaul sama orang lain, harus rukun, damai, dan saling tolong-menolong ya. Gak boleh ada pertengkaran, perselisihan, atau saling ngejelekin. Harus saling support, saling kasih sayang, dan saling jaga.

6. Hirup sing dépé-dépé handap asor, ulah adigung adiguna asa aing uyah kidul. Luhur élmu gedé dunya euweuh hartina lamun teu dibarengan ku tingkah laris anu hadé.

Hidup itu harus rendah hati, gak boleh sombong merasa diri paling pinter atau hebat. Kalo banyak ilmu atau harta tapi sikapnya buruk, ya percuma aja.

7. Ulah geuleuh kana peupeujeuh, ulah ngéwa kana papatah ngarah hirup teu tunggul dirarud catang direumpak kawas kuda leupas ti gedogan.

Gak boleh benci sama pepatah atau nasihat yang bilang hidup gak boleh ngelewatin aturan (biar selamat).

8. Lamun resep ulah resep teuing, lamun ngéwa ulah ngéwa teuing sabab ari nu ngaranna jelema téh sok keuna ku owah gingsir. Ayeuna resep isuk mampu ngéwa atawa sabalikna. Sing siger tengah baé.

Kalo suka, jangan berlebihan. Kalo benci, juga jangan berlebihan. Karena manusia itu selalu berubah-ubah. Apa yang suka sekarang, bisa benci besok atau sebaliknya. Jadi, santai aja lah ya, gak perlu terlalu berlebihan.

9. Jelema anu doraka ka udik mah hirupna teh ka handap teu akaran ka luhur teu sirungan, hirup teu neut paéh teu hos. Kolot nu aya dama-dama, nu geus euweuh kiriman du’a.

Orang yang durhaka sama orang tua gak akan pernah sukses, bahkan kalo ada kesuksesan juga gak akan bahagia. Kita harus hormatin orang tua yang masih ada, dan yang udah pergi kita doain aja.

10. Lamun baranggawé kudu dianggeuskeun, ulah sok ninggalkeun hayam dudutaneun.

Kalo udah mulai kerjaan, harus diselesaikan sampai kelar jangan suka ninggalin yang belum selesai.

11. Leukeunan anu geus puguh kaala hasilna. Ulah moro julang ngaleupaskeun peusing, ngudag-ngudag kalangkang heulang.

Lebih baik fokus sama yang udah pasti menghasilkan daripada ninggalin itu demi sesuatu yang belum jelas hasilnya.

Baca Oge: peribahasa sunda nyindir

12. Hirup salilana kudu éling, ulah lali kana purwadaksi, sing inget ti mana asal, keur di mana ayeuna cicing, rek ka mana balik.

Jangan pernah lupa asal-usul kita, selalu ingat dari mana kita datang, di mana kita berada, dan ke mana tujuan hidup kita.

14. Lamun migawé hiji kasus ulah bosenan, sing nepi kaala buah kapetik hasil.

Ketika mengerjakan sesuatu, jangan mudah bosan, terus tekuni hingga berhasil dan menghasilkan hasil yang diinginkan.

15. Sing boga rasa tanggung jawab,  ulah cul dogdog tinggal igel ambéh teu kaduhung sabab kaduhung mah tara tiheula.

Wajib banget nih merasa bertanggung jawab, jangan ninggalin kerjaan utama buat ngerjain yang nggak penting-penting amat. Biar gak nyesel, kan katanya nyesel itu muncul di akhir-akhir.

16. Hadé goréng ogé jeung dulur mah kudu silih tulungan sabab buruk jelek papan jati, pancakaki moal beunang dikumbah ku tujuh walungan. Sakali dulur tetep dulur.

kudu saling bantu meskipun lagi susah atau enak. Lah, saudara kan saudara, nggak bisa dipisah-pisah walaupun nyebur ke kali sekalipun. Kekuatan persaudaraan tuh nggak ada tandingannya, tetep saudara walaupun apapun yang terjadi.

17. Mata uang anu paling payu di mamana téh nyaeta jujur. Ari nu ngaran jujur teh nu enya teu dilain-lain, nu lain teu dienya-enya, ngadék sacékna, nilas saplasna.

mata uang yang paling berharga di dunia ini ya kejujuran, Bro. Kalo emang beneran jujur, gak bakal ada yang bisa nyalahin. Tapi kalo yang salah ya tetep salah, nggak bisa dibenarin. Makanya, kalo ngomong ya sesuai kenyataan aja, jangan dibuat-buat atau ditutup-tutupi.

18. Jampéna salamet mah nyaéta jujur, bageur, jeung bener. Tong hocéwang sumoréang sabab nu jujur, bageur, jeung benar mah jig kamana-mana ogé moal burung pada mikawelas tur mikaasih.

Beneran deh, keberhasilan itu dateng dari kejujuran, kebaikan, dan kesesuaian. Jadi nggak usah cemas atau takut, orang yang jujur, baik, dan benar pasti bakal selalu disayang di mana pun dia berada.

  √ Ucapan Selamat Malam & Selamat Tidur Romantis Bahasa Sunda

19. Salawasna kudu caringcing pageuh kancing saringset pageuh iket, dimana aya siku siwulu-wulu maung ngamuk gajah meta moal geus sayaga.

Kudu selalu waspada dan siap sedia, Bro. Kalo ada ancaman atau bahaya apapun, udah harus siap sejak dini.

20. Ulah sok ngaliarkeun taleus ateul jeung nyieun pucuk ti girang ambeh hirup teu pada mikangéwa. Musuh saurang loba teuing, balad sarébu kurang kénéh.

Nggak boleh suka ngebacotin masalah atau bikin onar, Bro. Biar hidup kita nggak dibenci sama orang lain. Musuh saja aja udah terlalu banyak, tapi temen banyak aja kerasa masih kurang.

21. Sing leuleus jeujeur liat tali jeung landung kandungan laér aisan, ulah gereges gedebug getas harupateun.

Harus cerdas dan wise, Bro. Kudu bisa maafin orang dan mikirin mateng-mateng sebelum tindakan. Jangan tergesa-gesa atau emosi cepetan.

22. Hirup mah ulah kokoro moyan tetapi kudu kukurumuyan. Jalma pangedulan mah bakal hésé ka pacilingan.

Jangan lah hidup malas-malasan, Bro. Harus tetap semangat berusaha. Kalo malas-malasan, nggak bakal ada hasilnya dong. Orang yang males bakal kesulitan buat ke kamar mandi (karena nggak makan jadi perutnya kosong, nggak ada apa-apa yang bisa dikeluarin).

23. Jeung dulur téh kudu silih talingakeun, kanu leutik kudu nyaah ku leutikna, kanu gedé kudu nyaah ku gedéna, ka cai jadi saleuwi ka darat jadi salogak.

Kudu saling perhatiin dan jaga-jaga antar saudara, Bro. Adik harus disayang, kakak juga harus disayang. Kudu solidaritas, bahu-membahu, dan selalu saling bantuin.

24. Ulah pédah keur aya dina sihung maung da di dunya mah moal salawasna cicing dina hiji perkara.

Nggak boleh sombong atau puas kalo lagi di posisi yang berkuasa, Bro. Di dunia ini, nggak ada yang abadi dan tetap di tempatnya terus.

25. Ulah mopo méméh nanggung, lakonan heula saacan nyaritakeun hésé. Ku leukeun mah cikaracak ninggang kerikil laun-laun jadi legok.

Jangan nyerah sebelum dicoba dulu, Bro. Kudu aksi dulu sebelum ngerasa susah. Kalo tekun, suatu saat pasti bisa ngebobolin yang tadinya susah banget.

Demikianlah, semoga pepeling Sunda unik zaman baheula di atas tadi berguna bagi kita semua.